Selasa, 03 November 2009

Perencanaan

Mengamankan Bangunan dengan IMB
Tuesday 16 June 2009 | 11:06 AM

imb-web

Sebelum mulai mendirikan rumah, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan berbekal IMB Anda akan dapat dengan tenang mendirikan rumah tanpa takut dirobohkan ataupun digusur.

Pengurusan IMB dapat Anda lakukan di tingkat kecamatan baik diurus sendiri ataupun melalui kontraktor dan biro pengurusan IMB dengan mengajukan:

- surat tanah atau akte tanah

- tanda pengenal pemilik (KTP)

- bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

- gambar kerja oleh arsitek

- perhitungan struktur bangunan

Dalam proses pengurusan IMB, Anda harus membayar retribusi IMB yang dihitung berdasarkan luasan lantai bangunan dan harga dasar bangunan. Selain biaya retribusi, ada juga biaya pengawasan, pendaftaran, dan pengukuran & pemetaan senilai 15 persen dari biaya retribusi. Dalam pemrosesan permohonan IMB terkadang akan ada petugas dari kantor tata kota yang memeriksa lokasi bangunan Anda untuk memastikan kesesuaian izin dengan keadaan lokasi.

Dirangkum dan dikembangkan dari:

-en.wikipedia.org/wiki/Green_building

-TransMedia: Buku Pintar Membangun Rumah

Biaya dan Jadwal Konstruksi
Tuesday 16 June 2009 | 11:04 AM

541351_78289323e

Agar pengaturan keuangan selama proses keuangan berjalan secara tertib tanpa terlalu banyak pembengkakan, Anda harus menjabarkan seluruh komponen budgeting secara terperinci dari awal. Secara keseluruhan biaya yang Anda keluarkan selama proses pembangunan hingga siap huni adalah:

- Biaya Perancangan
Biaya perancangan adalah biaya yang dikeluarkan untuk jasa arsitek untuk merancang rumah Anda. Biaya yang dikeluarkan untuk jasa arsitek biasanya juga termasuk jasa pengawasan oleh arsitek.

- Biaya Produksi
Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah, termasuk di dalamnya adalah biaya tukang, bahan bangunan, transportasi, listrik, dan air yang dipakai hingga ke detail terkecil seperti harga rumput untuk halaman Anda. Biaya produksi ini biasanya dirinci oleh kontraktor dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dalam bentuk tabel satuan pekerjaan.

- Biaya kontraktor
Dari perhitungan biaya kontruksi, tambahkan sekitar 6-15 % untuk jas kontraktor.

- Biaya Perizinan
Dalam proses pembangunan juga terjadi proses perizinan, untuk IMB misalnya, ada biaya retribusi IMB.

- Biaya Instalasi
Di luar biaya instalasi yang terinci dalam RAB, Anda harus membayar biaya penyambungan listrik dan air dari PLN dan PAM

- Furniture dan Perangkat Rumah
Sebelum siap huni tentu ada furniture dan berbagai perangkat rumah yang dipasang. Biaya furniture dan perangkat ini di luar biaya RAB dan beragam sesuai dengan gaya hidup Anda.

Terkait dengan biaya kontruksi adalah jadwal konstruksi, semakin lama masa konstruksi, semakin besar juga biaya yang akan dikeluarkan. Jadwal konstruksi biasanya direncanakan oleh kontraktor. Selain faktor ketersediaan dana dan jumlah pekerja, jadwal konstruksi juga dapat dipengaruhi oleh keadaan cuaca, ada beberapa pekerjaan tertentu seperti pengecoran yang tidak dapat dilakukan pada saat hujan, oleh karena itu ada baiknya waktu pelaksanaan konstruksi disesuaikan dengan musim di daerah Anda.

Memilih dan Bekerja sama dengan Kontraktor
Tuesday 16 June 2009 | 11:01 AM

memilih-kontraktor-web

Setelah design rumah selesai, kini saatnya design tersebut diwujudkan ke dalam bentuk bangunan melalui proses konstruksi. Dalam proses konstruksi ada ratusan jenis bahan dan jenis pekerjaan. Agar proses kontruksi dapat berjalan dengan baik, perlu perencanaan konstruksi, perhitungan budget, pengalokasian waktu, pengadaan material, pengaturan lalu lintas pekerja dan pekerjaan, dan pengawasan yang sangat mendetail. Untuk melakukan itu semua, Anda dapat dibantu oleh kontraktor.

Kontraktor adalah pelaksana konstruksi yang menerjemahkan gambar kerja yang dibuat oleh arsitek menjadi bangunan. Seorang kontraktor menghitung dan merinci bahan bangunan dan jenis pekerjaan yang dibutuhkan, membuat detail anggaran biaya bangunan, merekrut dan mengurus pekerja konstruksi, dan mengawasi proses konstruksi sesuai dengan budget dan spesifikasi yang telah Anda dan arsitek tentukan.  Seorang kontraktor juga bisa membantu menyediakan bahan bangunan yang diperlukan.

Saat Anda menggunakan jasa seorang arsitek, biasanya arsitek juga mengajukan pelaksana konstruksi yang biasa bekerja sama dengannya. Karena lingkup pekerjaan kontraktor berhubungan dengan budget, material, dan pekerjaan lapangan yang terkait erat dengan mutu bangunan, maka dalam memilih kontraktor faktor yang paling penting adalah reputasi dan kejujuran. Sebaiknya pilih kontraktor yang direkomendasikan oleh arsitek, teman, atau kerabat Anda. Perhatikan proyek-proyeknya yang terdahulu dan sempatkan untuk menanyakan pengalaman pemilik terdahulu dalam bekerja sama dengan kontraktor tersebut. Selain faktor kredibilitas, ada baiknya bila Anda memilih kontraktor yang memiliki banyak jaringan kerja sama dengan suplier material bangunan untuk mendapatkan harga material yang lebih murah, dan kerja sama dengan petugas pertanahan dan dinas tata kota untuk memperlancar pengurusan berbagai izin yang menyangkut pembangunan.

Jasa kontraktor biasanya benilai sekitar 10%* dari biaya konstruksi tergantung dari kontrak lingkup pekerjaan kontraktor yang telah disepakati sebelumnya. Lingkup pekerjaan seorang kontraktor bisa bersifat borongan atau pelaksanaan beberapa item pekerjaan dalam keseluruhan proses pembangunan saja. Apapun lingkup pekerjaan kontraktor Anda, pastikan semuanya jelas tercantum dalam kontrak pekerjaannya, beserta spesifikasi mutu bahan dan pekejaan, uraian pekerjaan, rincian budget, waktu pengerjaan, dan metode pembayaran.

Memilih dan Bekerja sama dengan Arsitek
Tuesday 16 June 2009 | 10:57 AM

kerjasama-dgn-ars-web

Saat memilih arsitek, Anda tentu melihat bahwa sekarang ada banyak sekali jenis jasa “arsitek” yang ditawarkan dengan beragam pilihan harga dan sistem pembayaran. Ada yang sekedar menawarkan jasa desain, gambar desain dan gambar kerja, dan ada juga yang menawarkan jasa konsultan. Untuk dapat memanfaatkan jasa arsitek dengan benar, Anda perlu tahu apa sebenarnya peranan seorang arsitek dan seberapa jauhkah keterlibatannya dalam proses desain dan pembangunan rumah Anda.

Idealnya dalam proses desain rumah, Anda dengan arsitek akan saling berkomunikasi dan bertukar pikiran untuk mendapatkan desain yang terbaik. Anda sebagai pemilik rumah mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhan Anda dan sebagai timbal baliknya, seorang arsitek memberikan konsultasi mewujudkan keinginan dan kebutuhan Anda kedalam desain bangunan yang baik dengan organisasi ruang, pola sirkulasi udara, sistem pencahyaan, pemilihan material, pilihan struktur dan tampilan sesuai dengan ilmu dan keahliannya dengan memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Layanan utama jasa arsitek adalah perancanangan arsitektur dan pengelolaan proses pembangunan yang mencakup konspe perancangan, schematic design, pengembangan rancangan, pembuatan gambar kerja, pengadaan pelaksanan konstruksi, dan pengawasan berkala.

Walaupun bagi umumnya masyarakat Indonesia tarif konsultan arsitek yang biasanya berkisar antara 1,5-8 %* dari keseluruhan biaya pembangunan rumah untuk desain dan pengawasan itu dianggap mahal, tapi seorang arsitek yang baik sebenarnya justru dapat membantu Anda mengoptimalkan budget yang ada. Seorang arsitek yang baik dapat membantu Anda mewujudkan bangunan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, menerjemahkan keinginan Anda ke dalam desain bangunan yang sehat, aman, dan nyaman, juga menciptakan desain yang dapat dikonstruksi dengan hemat, efisien, dan berwawasan lingkungan.

Untuk mendapatkan arsitek yang baik, Anda dapat meminta rekomendasi teman atau kerabat Anda yang pernah menggunakan jasa arsitek atau mendatangi kantor-kantor konsultan arsitek. Sebelum memutuskan salah satu konsultan arsitek, pastikan Anda meminta dan memeriksa portfolio arsitek tersebut. Perhatikan proyek-proyek apa saja yang sudah pernah dibuat sebelumnya dan lihat apakah sesuai dengan selera Anda. Minta izin dan sempatkan untuk mendatangi dan memeriksa proyek-proyek tersebut apakah sudah selesai dan berfungsi dengan baik, tanyakan kepada pemilik bangunan-bangunan tersebut apakah mereka puas dengan hasil pekerjaannya, dan tentu pastikan juga kesesuaian tarif jasa sang arsitek dengan budget Anda.

*) Menurut tabel perhitungan imbalan jasa yang diterbitkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dalam buku Pedoman Hubungan Kerja antara Arsitek dengan Pengguna Jasa, imbalan jasa untuk rumah tinggal pribadi berkisar antara 1,5 persen untuk biaya bangunan di atas 500 milyar rupiah hingga 8% untuk biaya bangunan di bawah 200 juta rupiah untuk jasa yang mencakup konsep schematic design, pengembangan rancangan, gambar kerja, pengadaan jasa konstruksi, dan pengawasan berkala.

Desain Rumah Impian
Tuesday 16 June 2009 | 10:47 AM

rumah-impian-web1

Rumah dua lantai dengan gaya arsitektur modern, kamar tidur dengan jendela besar menghadap  ke taman, ruang baca dengan teras yang terbuka ke kolam, ataupun ruang keluarga dengan piano? Inilah saatnya untuk mengeluarkan apa yang Anda inginkan dan butuhkan dan menuangkannya ke dalam design rumah. Tapi lebih dari sekadar kebutuhan dan keinginan Anda ruangan, bentuk, dan keindahannnya, perlu diingat bahwa rumah sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal juga harus mengakomodasi Anda melakukan aktivitas dengan nyaman dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan dan keamanan.

Rumah tinggal yang ideal adalah rumah tinggal yang selain indah, juga nyaman dan sehat. Bersama arsitek Anda, perhatikan dan cermati berbagai faktor-faktor penting menyangkut kesehatan dan kenyamanan rumah seperti organisasi ruang, sirkulasi udara, pencahayaan alami, bahan-bahan bangunan yang sehat, sistem air bersih dan pembuangan yang sehat, juga efisiensi lahan dan konstrusi, serta design ruangan yang menunjang penghematan energi dengan memperhatikan kondisi iklim, cuaca, lingkungan, dan kebutuhan dan aktivitas Anda dan keluarga yang akan tinggal di dalamnya. Jangan lupa, selain ruang dalam, Anda juga harus merancang ruang luar rumah mulai dari tampak rumah, taman, hingga pagar agar indah dan serasi dengan lingkungan sekitarnya.

Selain faktor kesehatan dan kenyamanan, ada baiknya bila Anda juga berkonsultasi dengan arsitek Anda untuk mempertimbangkan kemungkinan untuk mendesain bangunan ramah lingkungan yang sering disebut Green Building. Desain bangunan ramah lingkungan selain baik untuk lingkungan karena memperhatikan faktor bahan-bahan bangunan dan pengurangan limbah pada saat pengkonstruksiannya, juga baik untuk Anda karena selain sehat juga sangat membantu Anda menghemat penggunaan energi dan air.

Agar sesuai dengan ketentuan bangunan yang berlaku di daerah Anda, pastikan Anda mengurus dan mendapatkan Advice planning sebelum mulai merancang. Advice planning merupakan surat dari Dinas Tata Kota (DTK) berisi situasi, peruntukan, ukuran tanah, dan peraturan sempadan bangunan seperti Koefisien Dasar Bangunan (KDB) dan Koefisien Lantai Bangunan (KLB)  yang mengatur maksimal luasan lahan dan tinggi lantai yang boleh dibangun. Advice planning didapat setelah petugas dari DTK mengukur batas-batas tanah lahan yang Anda ajukan.

 Apakah Green Building itu?

Green building secara umum adalah metode perancangan bangunan yang berusaha meminimalisasi dampak negatif bangunan terhadap lingkungan dengan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan, lahan, maupun energi dalam proses pembangunan maupun pengoperasiannya.

Suatu green building adalah bangunan yang dapat menghemat energi, meminimalkan limbah, dan meningkatkan produktifitas orang yang tinggal di dalamnya. Secara sederhana konsep green building dapat diterapkan ke dalam desain rumah tinggal Anda dengan hal-hal kecil seperti:

 -Dalam proses konstruksi, gunakan berbagai material yang tidak perlu banyak pekerjaan tambahan, dan tidak menimbulkan banyak sampah dalam proses pembuatannya, atau material lokal yang tidak perlu ditransportasikan terlalu jauh.

 -Desain bangunan dengan memperhatikan dan memasukkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami untuk mengurangi penggunaan pendingin ruangan dan lampu untuk menghemat energi.

 -Rancang sistem pembuangan yang ramah lingkungan dimana grey water dan storm water (air bekas cuci dan air hujan) akan disalurkan dan ditampung untuk dipakai kembali untuk menyiram tanaman ataupun fungsi lainnya.

 -Gunakan solar panel untuk memanfaatkan energi panas matahari.

Disamping beberapa contoh penerapan di atas, masih banyak elemen rumah lain yang dapat didesain dengan prinsip green building. Diskusikan kemungkinan pengaplikasian konsep green building lainnya dengan arsitek Anda, dan konsultasikan juga cara-cara pemakaian dan perawatan rumah tinggal Anda ke depannya untuk menunjang konsep green building ini.

Sustainable Construction dari Holcim

Untuk mendukung implementasi dan perkembangan sustainable construction di Indonesia, Holcim mengembangkan program Solusi Rumah; suatu program menyeluruh yang menyediakan desain dan konsultasi pembangunan hingga pilihan bahan berkualitas dan akses pendanaan.

Sebagai salah satu alternatif untuk membangun rumah yang berkualitas, dan ekonomis, juga sebagai referensi rumah idaman, Anda dapat mempelajari program solusi rumah di (link) untuk mengetahui apa saja detail program Solusi Rumah, dan bagaimana Solusi Rumah dapat menjawab masalah pembangunan rumah Anda dan membantu Anda mendapatkan nilai tambah dari bangunan Anda dengan metode pembangunan yang sustainable.

Tahap 2 : Perencanaan
Tuesday 16 June 2009 | 10:39 AM

324541_6247web

Selamat! Anda telah menemukan dan memiliki kavling di lingkungan yang diinginkan dan memutuskan untuk membangun rumah idaman Anda sendiri. Kini saatnya merancang dan menuangkan semua keinginan dan impian Anda ke dalam design rumah secara mendetail; memasukkan setiap ruangan dan kamar yang Anda inginkan dan butuhkan, menentukan gaya arsitektur, bentuk, warna, dan tekstur ruangan hingga ke detail terkecil, dan memilih material yang cocok.

Selain merancang bentuk dan isi rumah, dalam tahap perencanaan ini Anda juga harus merencanakan strategi dan tahapan pembangunan rumah secara mendetail. Anda harus merencanakan budget, waktu, dan tahapan pengkonstruksian, serta mengurus berbagai izin terkait untuk memastikan agar design dan pembangunan rumah Anda memenuhi syarat-syarat kesehatan dan keamanan pengkonstruksian yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.