Selasa, 03 November 2009

Interior

Rumah Aman dan Manis Dengan Teralis 
   

teralis

Sebagai tindakan pengamanan untuk mencegah pencurian, biasanya pada bagian-bagian rumah yang rentan kebobolan seperti pintu atau jendela kaca dipasang teralis. Teralis hadir dengan beragam jenis material. Yang umum kita tahu adalah teralis metal. Namun, ada teralis yang terbuat dari bahan material lain seperti kayu, vinyl, plastik, atau akrilik.

Untuk perlindungan maksimal tentu saja material yang paling sering dipakai adalah teralis metal. Bahan metal yang umumnya digunakan untuk teralis adalah besi tempa, baja, dan aluminium. Teralis besi tempa paling sering digunakan karena lebih murah dari teralis baja dan lebih kuat dari teralis aluminium.

Karena fungsi utamanya sebagai pengaman seringkali bentuk teralis yang digunakan menimbulkan kesan seperti penjara. Padahal ada banyak sekali model dan finishing pada teralis yang dapat disesuaikan dengan desain bangunan. Untuk desain rumah klasik atau art deco misalnya, teralis dapat dibuat dengan profil organik yang meliuk-liuk dan disepuh dengan warna rusty atau keemasan. Sedangkan untuk desain rumah minimalis, teralis dapat dibuat dengan profil yang lebih sederhana seperti garis-garis horizontal dan vertikal, ataupun bentuk-bentuk geometris seperti bujur sangkar, persegi panjang, atau bahkan lingkaran dengan finishing cat dop monokromatik.


GREEN INFO

Perangkat Rumah  Efisien dan Hemat Energi

lampu-web1

Tanpa disadari hampir semua perangkat yang membuat rumah “bergerak” dan menunjang aktivitas di dalamnya tersambung dengan dioperasikan dengan listrik. Mulai dari lampu, pendingin ruangan, pemanas air, hingga lemari pendingin, semuanya beroperasi dengan listrik. Pemilihan perangkat rumah tangga yang tepat dapat sangat membantu Anda menghemat energi yang pada akhirnya akan menghemat tagihan listrik Anda.

Banyak pilihan-pilihan sederhana yang dapat membantu Anda menghemat energi di rumah, misalnya:

- Lampu

Cahaya lampu temaram dari lampu pijar ternyata dihasilkan dengan energi yang lebih besar daripada lampu terang. Lampu pijar juga menghasilkan panas yang membuat suhu ruangan menjadi lebih tinggi sehingga Anda memerlukan pendingin ruangan. Lampu fluorescent dapat menjadi alternatif yang lebih baik dari lampu pijar karena lebih terang dan memerlukan energi lebih kecil. Pastikan juga ukuran daya bohlam fluorescent  sesuai dengan ukuran ruangan Anda agar tidak ada energi yang terbuang percuma.

- Pendingin Ruangan (AC)

Saat ini sudah banyak diproduksi perangkat AC yang hemat energi, mulai dari jenis yang memerlukan daya lebih rendah, atau jenis yang menggunakan converter untuk mengurangi daya saat ruangan mulai sejuk. Selain cermat memilih daya, sesuaikan juga kapasitas AC dengan ukuran ruangan Anda.

Diluar kedua perangkat di atas masih banyak peralatan rumah tangga yang sudah tersedia dalam versi hemat energi. Walaupun sebagian besar dari perangkat tersebut harganya lebih mahal dari perangkal yang lebih boros, tapi dalam pengoperasiannya Anda akan merasakan penghematan yang lebih besar.

Dirangkum dan dikembangkan dari:

IDEA Solusi Praktis: Rumah Sejuk dan Hemat Energi

Furnitur Apik dan Proporsional 
   

furni-web

Setelah finishing pada plafon, dinding, dan lantai, kini saatnya Anda melengkapi ruangan dengan furnitur. Furnitur dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan, tema, desain, dan ukuran ruangan karena selain untuk digunakan, furnitur juga sering menjadi elemen estetik yang menarik perhatian.

Untuk menjaga keserasian dengan desain rumah, sekarang ada berbagai bentuk, desain, dan bahan furnitur yang dapat Anda pilih, dari furnitur kayu penuh ukiran untuk kesan tradisional, furnitur dengan berbagai upholstery kain untuk kesan klasik, sampai furnitur kulit dan baja untuk kesan modern.

Selain keserasian, ukuran dan perletakan furnitur juga cukup menentukan kenyamanan dan keindahan ruangan Anda. Pilih furnitur yang berukuran kecil untuk ruangan yang kecil dan furniture yang besar untuk ruangan yang besar agar ruangan terasa proporsional dan tidak sesak ataupun terlalu kosong. Tata perletakan furnitur di dalam ruangan agar tidak menganggu pergerakan Anda dalam ruangan.

Walaupun kesesuaian penting, tapi bukan berarti semua furnitur Anda harus serba sewarna, secorak, dan sebentuk. Untuk menciptakan fokus ataupun membangun kesan dramatis, Anda dapat menambahkan warna atau bentuk furniture yang kontras.

Terlepas kesesuaian desain, bentuk, ukuran, warna, ataupun penataan, hal utama yang tidak boleh Anda lupakan dan merupakan esensi dari keberadaan furnitur itu sendiri adalah bahwa furnitur itu ada untuk menunjang aktifitas Anda, jadi pilihlah furnitur yang fungsional, nyaman, awet, dan mudah dirawat.

Dirangkum dan dikembangkan dari:

- IDEA: Ruman nyaman dengan furniture kompak

Harmonisasi Warna, Motif dan  Tekstur Dinding
   

wallpaper-web

Seperti halnya lantai dan plafon, dinding juga merupakan komponen penting interior yang sangat mempengaruhi pembentukan ruangan-ruangan di dalam rumah. Dinding yang di-finishing dengan memperhatikan harmonisasi warna, motif, dan tekstur dapat menghadirkan keindahan dan kenyamanan ke dalam setiap ruangan di rumah Anda. Finishing dinding dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pengecatan dan pemasangan wallpaper, ataupun kombinasi keduanya.

Cat Interior

Ada berbagai nuansa dan tekstur permukaan yang dapat ditimbukan dengan pengecatan. Khusus pengecatan interior ada beragam jenis cat untuk hasil akhir berbeda, diantaranya:

1. Matte Finish

Cat ini digunakan untuk hasil akhir yang halus, mulus, dan tidak mengkilat. Cat jenis ini juga sangat baik untuk menutupi permukaan dinding yang sedikit kasar karena bahannya tidak memantulkan cahaya. Jenis cat ini juga mudah terhapus oleh air sehingga tidak cocok untuk ruangan yang sering terkena air atau harus sering dibersihkan.

2. Matte Enamel

Cat jenis ini memberikan hasil akhir yang sama dengan matte finish hanya saja kandungan bahan enamel membuatnya lebih kuat sehingga dapat lebih sering dibersihkan.

3. Eggshell Finish

Cat jenis ini memberikan hasil akhir seperti cangkang telur, dimana permukaan yang dihasilkan halus dengan sangat sedikit kilauan.

4. Satin Finish

Satin finish ideal untuk diaplikasikan pada dinding kamar mandi, dapur, atau kamar anak-anak karena jenis cat ini tahan air, kotoran dan mudah dibersihkan namun tetap memberi hasil akhir yang sangat halus, lembut, dan sedikit mengkilap seperti beludru.

5. Semi Gloss

Cat semi gloss sangat cocok digunakan pada kusen, pintu, dan jendela karena permukaan yang dihasilkannya sedikit mengkilap sehingga mudah dibersihkan, sedikit menonjol tetapi tidak berkilauan.

Wallpaper

Bila Anda tertarik ingin dinding yang bercorak dan bertekstur, maka wallpaper mungkin adalah pilihan penutup dinding yang tepat. Wallpaper tersedia dalam berbagai pilihan warna, corak, dan tekstur. Biasanya corak wallpaper dibagi ke dalam berbagai tema seperti bunga-bungaan, classic, country, atau tema anak-anak.

Wallpaper dapat digunakan untuk menutup dinding secara keseluruhan ataupun sebagian saja, wallpaper juga dapat digunakan sebagai aksen saja pada dinding yang telah di cat. Dalam memilih corak, pastikan Anda mempertimbangkan corak lantai dan mungkin juga plafon agar tidak saling bertabrakan.

Sebelum memasang wallpaper, Anda perlu membersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan dinding dari lapisan cat. Untuk dinding baru, Anda harus memastikan terlebih dahulu, apakah dinding sudah dalam keadaan benar-benar kering. Pengeleman wallpaper juga harus merata. Jika tidak, wallpaper tidak akan rapi dan menggelembung. Jika ingin mengganti wallpaper lama dengan yang baru, jangan menumpuknya. Anda harus terlebih dahulu melepaskan wallpaper lama, kemudian menggantinya dengan yang baru.

Perawatan wallpaper cukup gampang, untuk yang berbahan vinyl cukup dibersihkan dengan lap basah atau dapat disikat jika ada noda membandel, untuk yang berbahan kertas Anda dapat membersihkannya dengan lap kering atau vacuum cleaner.

Selain dengan metode yang paling umum seperti pengecatan dan wallpaper, dinding juga dapat ditutup dengan karpet, kayu, kain, dan berbagai macam pilihan bahan lain yang dapat Anda konsultasikan dengan desainer interior Anda. Apapun warna, motif, dan tekstur yang Anda inginkan, pastikan Anda memilih bahan penutup dinding yang sesuai dengan desain dan fungsi ruangnya, serta ketersediaan waktu dan ketelatenan Anda dalam membersihkan dan merawatnya agar keindahan ruangan Anda tidak menjadi beban.

Dirangkum dan dikembangkan dari:

www.about.com

Nyaman Dan Bebas Bocor dengan Plafom 
   

plafond-web1

Sesuai dengan gaya arsitektur dan interior rumah Anda, langit-langit rumah dapat diekspos untuk memperlihatkan strukturnya ataupun ditutup dengan menggunakan plafon. Namun di luar sifat estetisnya, plafon sebenarnya berfungsi untuk menahan kotoran dan percikan air hujan yang mungkin jatuh dari atap, mengatur ketinggian ruang, dan meredam suara hujan. Bila bahannya dipilih dan dipasang dengan benar, plafon juga dapat mempengaruhi kesejukan ruangan di bawahnya.

Beberapa pilihan bahan plafon paling umumnya dipakai pada rumah tinggal adalah:

1. Plafon Triplek

Bahan triplek adalah pilihan bahan plafon yang ringan,  murah, mudah diperoleh, dan mudah dikerjakan. Tapi bahan triplek ini bila terkena bocor akan langsung ternoda, rusak, dan lapuk. Bahan tripek juga rentan terserang rayap.

2. Plafon Gypsum

Plafon gypsum banyak digunakan untuk menggantikan plafon triplek karena sama seperti triplek, gypsum ringan, mudah didapat, dan mudah dikerjakan. Gypsum juga memberikan hasil akhir yang lebih baik karena dengan pengerjaan yang rapih, gypsum bisa menghasilkan plafon yang bebas sambungan. Sama halnya dengan triplek, gypsum juga akan berbercak dan bernoda bila terkena bocor. Tetapi bila terkena bocor plafon gypsum cukup diganti pada bagian yang bernoda saja tidak perlu keseluruhan seperti triplek.

3. Plafon GRC Board

Plafon GRC board adalah plafon yang terbuat dari bahan fibersemen. Sifatnya yang keras, kuat dan tidak mudah ternoda oleh kebocoran. Teknik pengerjaan plafon GRC board sama dengan plafon gypsum, yaitu menggunakan dempul dan plester kertas.

Sebagai pemanis berbagai macam aksesoris seperti list dan profil-profil ornamen dapat dipasangkan pada plafon gypsum. Namun perhatikan aksesoris yang Anda pasang agar sesuai dengan gaya interior rumah dan oranamen-ornamen rumah lainnya seperti furniture dan lampu.

Dirangkum dan dikembangkan dari:

http://duniaplafond.blogspot.com/

Penutup Lantai Cantik dan Fungsional 
   

bebatuan-web

Bergantung pada selera Anda, kini banyak tersedia pilihan bahan penutup lantai yang dapat menjadikan lantai Anda cantik. Pemilihan bahan penutup lantai tentunya harus disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah Anda. Untuk rumah bergaya tradisional misalnya, penutup lantai yang digunakan dapat berupa kayu atau batu kali tipis dan batu-batu lunak.

Tapi lebih dari sekadar keindahannya, pemilihan bahan penutup lantai juga sebaiknya didasarkan pada fungsi ruangnya. Pada kamar mandi misalnya, bahan penutup lantai yang dipilih tentunya yang tidak licin. Pada ruangan yang aktifitasnya tinggi seperti ruang keluarga, sebaiknya menggunakan bahan yang nyaman dan tidak mudah tergores.

Beberapa jenis bahan penutup lantai yang saat ini banyak digunakan untuk rumah tinggal adalah:

1. Lantai Keramik

Keramik adalah bahan penutup lantai yang paling umum digunakan saat ini karena keramik tersedia dalam berbagai ukuran, warna, corak, dan tekstur sehingga dapat digunakan di berbagai area rumah mulai dari bagian eksterior hingga interior, termasuk kamar mandi. Keramik juga tersedia dalam berbagai tingkat kualitas dan ketahanan ketahanan terhadap goresan sesuai dengan harganya. Pemasangan dan perawatan lantai keramik pun cukup mudah.

2. Lantai Marmer dan granit

Kedua jenis batu alam ini biasanya digunakan untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan dalam ruangan. Warna dan corak marmer sangat beragam tergantung pada jenis mineral yang dikandungnya sedangkan granit tersedia dalam warna hitam pekat dengan bintik-bintik dan corak halus. Walapun terkenal keras dan tidak mudah retak, keduanya membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dan harus dilakukan proses coating secara berkala untuk menjaga keindahannya.

3. Lantai Kayu

Kehangatan dan suasana nyaman bisa langsung dirasakan lewat penggunaan lantai kayu. Perawatan sehari-harinya relatif mudah, terlebih kini lantai kayu juga sudah diberi proteksi khusus agar tidak mudah terkena noda. Hanya saja kilapannya juga akan menghilang seiring berjalannya waktu, sehingga perlu di-finishing ulang.

4. Lantai Parket

Sama halnya dengan lantai kayu, lantai parket juga umumnya dipakai untuk menimbulkan kesan hangat. Lantai parket tersedia dalam bentuk kepingan-kepingan kecil dengan ketebalan 0,5-1 cm. Untuk rumah tinggal tersedia dalam dua jenis  yaitu jenis parket kayu solid  dan jenis parket kayu olahan dan dilapisi  dengan veneer. Parket kayu solid lebih kuat sedangkan parket kayu olahan pemasangannya mudah dan pilihan motifnya beragam. Selain memasangnya mudah, melepaskannya pun mudah. Jadi, tidak perlu repot jika suatu saat Anda ingin mengganti tampilan lantai Anda lagi.

5. Lantai Batu Alam

Lantai batu alam sering digunakan untuk menciptakan kesan alami dan vernakular pada bangunan bergaya tradisional. Jenis batu alam yang digunakan biasanya batu tempel, batu kali tipis, batu andesit ataupun batu-batu lunak semacam batu kapur. Ukuran, warna, dan tekstur batu-batu ini cukup beragam tergantung jenis batu. Pemasangan batu-batu ini bisanya menggunakan adukan semen dan perlu sangat hati-hati karena bila terkena adukan batu-batu ini sulit dibersihkan.

6. Lantai Vinyl

Lantai vinyl tersedia dalam dalam bentuk lembaran besar, lembaran kecil, maupun gulungan seperti karpet dalam berbagai macam warna, corak dan tekstur. Pemasangan lantai vinyl dengan cara di lem baik pada permukaan lantai kayu ataupun beton. Bila dulu lantai vinyl identik dengan lantai murah yang mudah robek, mudah terbakar, dan cepat kusam, kini telah tersedia vinyl bermutu tinggi dengan bentuk dan corak yang didesain oleh perancang terkenal untuk kebutuhan interior Anda.

Tahap 7 : Interior 
   

interior-web

Setelah semua pekerjaan instalasi selesai, Anda dapat mulai merapikan dinding-dinding interior, melapisi permukaan lantai, memasang plafon, memasang perangkat sanitasi, dan memasukkan perabotan rumah. Tahap pengerjaan interior ini adalah tahap di mana Anda menyiapkan dan mempercantik rumah Anda agar nyaman untuk ditinggali.

Walaupun sekilas terlihat sepele dan hanya bersifat dekoratif, tahap ini tidak kalah pentingnya dengan tahap-tahap lain dalam proses pembangunan rumah karena hasil pengerjaan interior baik akan mendukung kenyamanan Anda tinggal dan beraktifitas di dalam rumah. Dengan dibantu desainer interior, Anda dapat menciptakan berbagai nuansa dan menunjukkan kepribadian di setiap ruangan.