Selasa, 03 November 2009

Instalasi

Instalasi Keamanan : Sistem Deteksi Kebakaran & Security
   

sprinkler-web

Untuk mengamankan rumah dari berbagai risiko seperti perampokan, pencurian, ataupun kebakaran, ada beberapa sistem pengamanan yang dapat dipasang di rumah Anda. Beberapa diantaranya:

1). Residential Sprinklers

Seperti sprinklers di sebagian besar bangunan komersial, sprinkles di rumah berguna untuk mendeteksi dan memadamkan kebakaran. Sebagai perangkat keselamatan hidup, perumahan api sprinklers dirancang untuk bereaksi lebih cepat dan memerlukan lebih sedikit air daripada sprinklers di tempat komersial. Setiap alat penyiram beroperasi secara independen, sehingga ruangan di daerah yang terkena dampak yang akan disiram.

Persediaan air

Sprinklers memerlukan sumber air, baik dari PAM atau tangki dengan pompa dengan kapasitas minimal 100.

Desain yang tepat

Konsultasikan dengan teknisi dan penyedia sprinkler untuk menyediakan sistem instalasi yang tepat dan sesuai dengan struktur rumah Anda.

2). Sistem Alarm

Sistem Alarm yang dipasang di rumah dapat bekerja dengan 2 cara, yang pertama adalah yang mengeluarkan bunyi-bunyian kencang dan ada pula yang langsung mengirimkan pesan ke satuan keamanan yang menyediakan sistem alarm tersebut. Walaupun perangkat alarmnya sendiri baru akan dipasang setelah tahap finishing selesai, tapi biasanya pada tahap instalasi Anda sudah harus mulai menghubungi pihak penyedia alarm ini untuk menyediakan saluran dan instalasi yang diperlukan agar tidak terjadi pembongkaran dan pembobokan pada saat pemasangan.

 

Dirangkum dan dikembangkan dari:

- www.ronhazelton.com

- www.servicemagic.com


Instalasi Bersinyal : Telepon, Data, Antena, dan Tv Kabel

instalasi-telpon-web

Selain instalasi dasar seperti titik lampu, daya dan pemipaan, seiring dengan perkembangan teknologi dan aktivitas, makin banyak jenis instalasi yang perlu dipasang di  bangunan Anda. Mulai dari instalasi yang menunjang komunikasi seperti instalasi telepon dan internet sampai instalasi untuk keperluan hiburan seperti instalasi Antena dan TV kabel.

Bila tidak direncanakan dengan baik berbagai instalasi ini akan saling tumpang tindih dan saling mengganggu satu sama lain, belum lagi keberadaaan berbagai macam kabel yang berseliweran di dinding akan merusak penampilan rumah Anda. Untuk itu ada baiknya jika dari awal Anda sudah merencanakan dengan baik semua ruangan sehingga instalasi Anda dapat disesuaikan per ruang dan diintgrasikan dengan baik secara keseluruhan.

Instalasi Telepon dan Data

Instalasi telepon terbagi menjadi intalasi luar dan instalasi dalam; instalasi luar menjadi tanggung jawab pihak penyedia jasa telekomunikasi sedangkan instalasi dalam menjadi tanggung jawab Anda. Bila Anda sudah menentukan titik-titik di dalam ruangan yang akan dipasang pesawat telepon, instalasi telepon seperti halnya instalasi listrik dapat ditanam di dinding dan plafon.

Sama seperti instalasi listrik, sebelum ditanam kabel telepon harus dibungkus dengan pipa PVC. Karena aliran listrik pada instalasi listrik Anda dapat mengganggu sinyal telepon sebaiknya kabel listrik dan kabel telepon dibungkus dalam 2 pipa PVC yang berbeda dan tidak dipasang berdekatan. Dengan sistem penanaman ini jack telepon Anda dapat dijajarkan rapi di dinding seperti sakelar dan stop kontak.

Jika Anda menggunakan sistem internet kabel seperti layanan internet fiber optic, instalasinya juga dapat dirapikan seperti halnya kabel telepon hanya saja spesifikasi teknisnya harus disesuaikan dengan ketentuan dan kebutuhan teknologi dari pihak penyedia layanan.

Instalasi Hiburan

Sistem hiburan di rumah sudah sangat berkembang, mulai dari TV, DVD, hingga Cable TV serta berbagai sistem tata suara. Semua komponen itu terhubung dengan berbagai kabel satu sama lainnya. Semua instalasi tersebut sudah dapat diintegrasikan dan ditanam panel dinding agar tidak menggangu penampilan rumah Anda, jadi ada baiknya bila Anda merencanakan dan menyiapkan tempat instalasinya bersama teknisi dari awal walaupun semua perangkat tersebut baru akan dipasang setelah tahap finishing selesai.

 

Dirangkum dan dikembangkan dari:

- www.ronhazelton.com

- www.servicemagic.com

Instalasi Listrik Aman Dan Efisien   

rumah-sekring-web1

Dalam proses pembangunan pemasangan instalasi listrik sering dilakukan pada saat pengerjaan finishing, padahal pengerjaan listrik sebaikya dilakukan sebelum plafon ditutup dan dinding diplester agar semua instalasi tertanam dengan rapi tanpa pembobokan ataupun pembongkaran.

Titik Lampu dan Stop Kontak

Pada dasarnya instalasi listrik dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

1. Instalasi titik lampu

Instalasi ini adalah instalasi yang memberi daya pada titik-titik penerangan baik didalam maupun di luar rumah.

2. Intalasi daya

Instalasi ini digunakan untuk menyalurkan daya pada titik-titik stop kontak yang akan menjadi tempat semua peralatan elektronik di dalam maupun di luar rumah mendapatkan dayanya.

Sesuai dengan pola aktifitas Anda di dalam ruangan, biasanya kebutuhan jumlah dan posisi Lampu dan stop kontak berbeda antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Rencanakan dengan baik jumlah dan posisi titik lampu dan stop kontak dengan arsitek Anda.

Panel Sekring

Sebagai langkah pengamanan dalam instalasi listrik juga dipasang pemutus aliran listrik (biasa disebut sekring) yang akan secara otomatis memutuskan aliran listrik bila terjadi hubungan pendek (korslet) ataupun kenaikan suhu hingga batas tertentu. Pemasangan pemutus aliran biasanya dikelompokkan per lantai, ataupun sesuai dengan fungsi dan item peralatan elektronik misalnya kelompok lampu, kelompok AC dan pompa air. Pembagian ini dilakukan untuk memudahkan mencari kelompok instalasi yang rusak, dan agar kondisi rumah tidak lumpuh total saat ada sebagian instalasi yang rusak. Untuk memudahkan pengecekan dan perbaikan semua sekring biasanya dipasang pada satu panel berbahan plastik atau pelat besi yang sering disebut panel sekring atau MCB.

Pelindung Kabel

Agar terlindung dari air dan kelembaban yang dapat menyebabkan hubungan pendek pada kabel-kabel listrik, sebaiknya semua kabel-kabel instalasi Anda di bungkus dengan pipa PVC (ukuran 0,5 inci) dan ditanam dengan rapi di dinding atau plafon.

Penyambungan Daya Ke PLN

Untuk mendapatkan daya listrik yang akan digunakan di rumah Anda, perlu dilakukan penyambungan daya ke PLN. Dari PLN Anda akan mendapatkan sambungan ke tiang-tiang listrik di lingkungan Anda dan juga meteran listrik yang akan mencatat penggunaan listrik. Sambungan listrik ke rumah tinggal yang disediakan oleh PLN biasanya dalam voltase 220 dengan pilihan daya 400 watt, 900 watt, 1300 watt, atau 2500 watt. Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Dirangkum dan dikembangkan dari:

-Griya Kreasi: Buku Pintar Membangun Rumah

-KawanPustaka: Panduan Membangun Rumah

Pemipaan Air Lanjutan   

pipa-pvc-web

Bila Anda memilih untuk menggunakan sistem pemipaan di luar dinding atau sistem pemipaan dengan shaft. Sistem pemipaan dengan shaft sebenarnya sama dengan sistem pemipaan di luar dinding, hanya saja pipa-pipa yang terletak di luar dinding ini dibungkus dengan kotak yang diberi lubang untuk pemeriksaan.

Seperti pengerjaan pipa pada tahap pondasi, pengerjaan pipa pada tahap instalasi ini juga mencakup pekerjaan pipa air bersih dan air limbah. Hanya saja bila pada tahap pondasi yang dipasang adalah pipa dari sumber air ke dalam rumah dan pipa dari dalam rumah ke saluran drainase dan septic tank, maka pada tahap ini yang dipasang adalah pipa dari titik-titik keran dan sanitair ke jalur pipa yang dipasang pada tahap pondasi.

Jenis-jenis Pipa

Agar air dapat mengalir dengan baik dan kualitasnya terjaga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pipa, seperti:

 -Permukaan pipa harus halus

-Tahan karat dan panas

-Tidak mengeluarkan zat yang meracuni air bersih dan tidak bereaksi terhadap air limbah

Berdasarkan materialnya jenis-jenis pipa adalah:

1. Pipa Besi Cor

Pipa besi cor digunakan untuk air dingin dan air limbah. Pipa besi cor yang digunakan untuk air limbah dilengkapi cicin karet pada sambungannya.

2. Pipa Baja

Pipa baja cocok digunakan untuk air dingin, air panas dan air limbah. Khusus untuk air dingin dan air limbah pipa baja yang digunakan adalah pipa yang di bagian dalamnya dilapisi dengan PVC dan di bagian luarnya dilapisi dengan cat pelindung.

3. Pipa PVC

Pipa PVC hanya dapat digunakan untuk air dingin saja. Pipa PVC tersedia dalam warna abu-abu yang lebih tahan terhadap lumut namun mudah bengkok oleh panas matahari, dan warna putih yang lebih tahan terhadap sinar uv tetapi mudah terserang lumut.

Pipa Air Dingin dan Air Panas

Sistem pipa air bersih di dalam rumah terdiri dari pipa air dingin dan air panas. Kedua pipa ini bisa dipisah ataupun digabung. Pipa yang digunakan untuk air dingin biasanya adalah pipa PVC, sedangkan untuk air panas ataupun gabungan air dingin dan air panas dapat digunakan pipa berbahan Poly Ethylene.

Sambungan

Agar pipa dapat menjangkau berbagai bagian dan sudut-sudut di dalam rumah, pipa dapat disambung dengan berbagai jenis sambungan sesuai dengan kebutuhan. Karena ada berbagai jenis sambungan yang dilakukan, penyambung pipa tersedia dalam bentuk T, L, dan I. Untuk kekuatan sambungan yang maksimal pastikan permukaan pipa yang akan disambung benar-benar kering dan bersih dan gunakan seal tape.

Dirangkum dan dikembangkan dari:

- Serial Rumah: sistem & perencanaan pemipaan rumah

Tahap 6 : Instalasi

instalasi-web

Setelah rumah terbentuk, kini saatnya para ahli dan teknisi datang untuk memasangkan berbagai macam instalasi yang akan menjadi “mesin” penggerak rumah Anda. Pipa-pipa saluran air bersih, air kotor, dan jaringan listrik adalah beberapa pengerjaan instalasi dasar yang akan dipasangkan pada bangunan Anda pada tahap ini.

Selain instalasi dasar listrik dan air, pada tahap instalasi ini berbagai saluran untuk perangkat elektronik Anda juga sudah dipersiapkan. Lubang-lubang untuk pemasangan AC, titik-titik lampu, panel-panel kontrol untuk perangkat telepon, internet, ataupun sistem pengamanan dan entertainment pun satu per satu dipersiapkan walaupun perangkatnya sendiri baru akan di pasang kemudian.

Tahap ini terlihat rumit dan memang harus dikerjakan dengan teliti karena akan sangat berpengaruh pada aktifitas Anda nanti. Pastikan semuanya terkoordinasi dengan baik agar tidak tumpang tindih dan terhindar dari terjadinya bongkar-pasang di kemudian hari.